Pendakian Gunung Papandayan Mei 2007

Agenda tahun 2007 Wanatama yang kedua setelah Trekking ke Baduy Dalam adalah pendakian Gunung Papandayan (2665 mdpl) yang terletak di Cikajang Kabupaten Garut Proponsi Jawa Tengah dengan di koordinir oleh Mas Tomo dari Head Office dilaksakanakan pada hari Kamis , 17 Mei dan Jumat , 18 Mei 2007 dan diikuti oleh 20 peserta.

Hari Sabtu, 19 Mei 2007, pukul 8.00 WIB semua peserta berangkat dengan menggunakan Bus HIBA. Pukul 13.00 siang kita berhenti di sebuah rumah makan untuk makan siang. Satu jam kemudian kami melanjutkan perjalanan.

Pukul 14:30 kita sampai di kaki gunung Papandayan. Setelah bersiap-siap, pukul 15:00 kami memulai pendakian gunung Papandayan yang pada awalnya sempat terhambat oleh hujan yang tiba tiba turun.

Segera setelah daerah kawah terlewati, kemudian beberapa tanjakan dan turunan, kami sampai di padang lintasan macan kumbang menjelang pukul 5 sore. Setelah sekitar 20 menit kami menerobos hutan suaka kami sampai di pondok Salada, kecuali Mas Ady dan keluarga yang memutuskan untuk mendirikan tenda di kawah.

Pondok Salada adalah sebuah padang yang luas, dikelilingi bukit di barat yang merupakan daerah puncak di sebelah barat, di selatan terlihat gumpalan asap yang cukup tinggi dan tebal. Sebelah utara dan timur terdapat hutan suaka. Beberapa edeilweis terlihat belum mengembang.

Menjelang petang lima buah tenda peserta sudah didirikan. Kemudian kami mulai untuk makan malam. Tiap tiap kelompok berbekal beras, indomie, sarden, kornet dan roti. Sementara beberapa teman memutuskan untuk kembali ke kawah menjemput Mas Ady dan keluarga mengingat hari sudah mulai gelap dan kembali ke pondok salada sekitar pukul 8 malam.

Kemudian kami menyalakan api unggun dan berkumpul sambil saling bercerita atau sekedar bernyanyi diiringi gitar. Beberapa teman mulai beranjak tidur.

Pukul 7 pagi kami mulai memasak dan sarapan dan mulai membongkar tenda dan packing. Kami juga mengumpulkan semua sampah anorganik untuk di buang di tempat sampah di padang lintasan macan kumbang, sesuai dengan prinsip Wanatama Leave No Trace..

Pukul 9.15 setelah berpamitan dengan peserta lain dan Papandayan, kami memulai perjalanan untuk kembali ke kaki gunung Pandayan. Dengan sedikit melalui rute yang berbeda, 11.00 WIB rombongan terakhir sampai di kaki gunung Papandayan.

Pukul 12:00 kami kembali ke Jakarta. Kami sampai kembali ke Lapangan Parkir HO, Sekitar pukul 7 malam. Akhirnya, sampai bertemu kembali di petualangan berikutnya bersama Wanatama.